Selasa, 31 Mei 2016

SHOLAT MENJAGA KESEHATAN

Dalam menjalankan syari'at islam sebenarnya sangat banyak sekali hikmah yang ada didalamnya. Hikmah dalam menjalankan hukum - hukum islam ada yang tersirat dan ada yang tersurat maksudnya terkadang manfaat itu terlihat secaranya langsung dan terkadang tidak secara langsung tetapi membutuhkan beberapa waktu untuk merasakan hikmah melaksanakan syari'at islam.

Suatu contoh dalam menjalankan ibadah sholat. Sholat adalah ibadah wajib yang harus dilakukan umat islam sebanyak lima kali sehari ( magrib, isya', shubuh, dhuhur, asyar ). Sholat juga sebagai tanda seorang itu muslim. Lepas dari sholat yang menjadi ibadah wajib terdapat banyak hikmah yang didapat didalamnya, hikmah yang saya ulas berikut ini adalah terkait dengan kestabilan tubuh atau kesehatan. didalam kitab "attaju aljami'u li lusul, hal.132 cetakan lebanon 1401H/1981M" menerangkan bahwa ketika seorang menjaga sholatnya makan ia akan terhindar dari sakit punggung dan otot - otot yang kaku. Dapat ditarik kesimpulan bahwa muslim yang sholat dengan benar akan mempunyai kesehatan yang stabil.

Adanya hikmah ini janganlah dijadikan sandaran dalam menjalankan sholat. Niat solat hanya satu yaitu menyembah kepada Allah SWT. Dengan ditemukannya hikmah - hikmah dalam beribadah menjadikan kita lebih giat dalam menjalankan semua perintah syari'at islam dengan seutuh - utuhnya. Sebenarnya hikmah dibalik sholat masih banyak lagi selain untuk kesehatan. Kita akan merasakan ketenangan batin dan lebih mudah menyikapi permasalahan setelah kita melakukan sholat.

Mungkin itu sedikit coretan yang bisa saya posting semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Bila ada yang kurang lengkap silahkan saling melengkapi dan bila ada yang salah saya minta maaf. Wallahu a'lamu ... ^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar